Sunday , January 21 2018
Home / Infoin / Event / Memperingati Ulang Tahun Pertama IFC: (Pembukaan Concept Store d2-i & Trunk Show Rancangan Anggota IFC)

Memperingati Ulang Tahun Pertama IFC: (Pembukaan Concept Store d2-i & Trunk Show Rancangan Anggota IFC)

Memperingati Ulang Tahun Pertama IFC:  (Pembukaan Concept Store d2-i & Trunk Show Rancangan Anggota IFC)

Lolading.com – Industri fashion di Indonesia tengah giat dikembangkan sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan kesejahteraan masyarakat. Indonesia pun ditargetkan sebagai salah satu pusat fashion dunia di tahun 2025 dengan tahap awal menjadi pusat fashion muslim (modest fashion) melalui ready to wear craft fashion, produk ready to wear yang mengoptimalkan kekuatan lokal.

Memperingati Ulang Tahun Pertama IFC:  (Pembukaan Concept Store d2-i & Trunk Show Rancangan Anggota IFC)

Dengan tujuan mengakselerasi pengembangan dan pembangunan sektor fashion di Indonesia, dibentuk organisasi Indonesian Fashion Chamber (IFC) pada tanggal 16 Desember tahun 2015. Tak hanya untuk mewadahi para desainer fashion yang telah mapan maupun generasi muda, namun juga para pelaku terkait industri ini, yaitu desainer aksesori, sepatu, tas, tekstil, hingga komunitas yang melingkupi bidang ini. Sejak resmi terbentuk, IFC telah memiliki lebih dari 150 anggota yang tersebar dalam 12 Chapter yang berada di sejumlah kota besar di Indonesia, antara lain DKI Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Banda Aceh, Medan, Padang, Makassar, Pontianak dan Malang.

Memperingati Ulang Tahun Pertama IFC:  (Pembukaan Concept Store d2-i & Trunk Show Rancangan Anggota IFC)

Sebagai suatu organisasi yang dinamis, IFC menjalin kolaborasi yang sinergis dengan para stakeholder mulai dari pihak pemerintah hingga swasta. IFC dibangun dengan semangat kebersamaan, penyatuan ide dan konsep yang dituangkan dalam berbagai program serta kegiatan untuk tujuan bersama. Bukan hanya ditujukan bagi internal organisasi, tetapi bermakna pula bagi seluruh pelaku industri fashion dan masyarakat luas.

Memperingati Ulang Tahun Pertama IFC:  (Pembukaan Concept Store d2-i & Trunk Show Rancangan Anggota IFC)

Dalam bidang Bisnis, IFC mengarahkan pada terciptanya bisnis fashion yang mengacu pada konsep inovasi, branding, kekayaan lokal, dan kepedulian akan lingkungan. Antara lain dengan mengembangkan model usaha (business model) melalui kolaborasi dengan pihak industri textile & garmen, yakni Argo Manunggal dalam merilis empat merek ready to wear yang diharapkan dapat terus berlanjut menetaskan merek-merek baru yang berkekuatan pada lokal konten

Memperingati Ulang Tahun Pertama IFC:  (Pembukaan Concept Store d2-i & Trunk Show Rancangan Anggota IFC)

Tak ketinggalan, IFC menggelar pameran dagang sebagai wadah bagi pelaku usaha fashion di tanah air untuk meningkatkan potensi bisnisnya, antara lain ajang Muslim Fashion Festival Indonesia (MuFFest) dan Ramadhan in Style yang ditujukan untuk meningkatkan industri busana muslim di Indonesia sebagai langkah konkret dalam mewujudkan Indonesia sebagai pusat fashion muslim dunia. Serta pameran dagang yang mengusung isu ethical fashion, sustainable fashion, dan fair trade untuk memacu kompetensi pelaku bisnis fashion di tanah air. Selain agenda tahunan tersebut, IFC rutin menggelar beberapa kegiatan, salah satunya Fashion Tuesday Marathon yang bekerjasama dengan Cilandak Town Square. IFC pun bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif dan Kementrian Perdagangan dalam pameran Trade Expo Indonesia (TEI) 2016.

Memperingati Ulang Tahun Pertama IFC:  (Pembukaan Concept Store d2-i & Trunk Show Rancangan Anggota IFC)

IFC turut mengarahkan para pelaku industri fashion di Indonesia khususnya para anggotanya untuk mengikuti ajang fashion week maupun pameran dagang skala internasional, seperti Jakarta Fashion Week di Jakarta, Who’s Next di Paris, Indonesia Weekend di London, dan di Center Stage Asia’s Fashion Spotlight di Hongkong. Selain itu, tentunya IFC setiap Chapter yang berada di sejumlah daerah mengadakan kegiatan yang berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah dan Dekranasda masing-masing untuk mengembangkan potensi daerahnya.

Dalam rangkaian perayaan ulang tahun pertama IFC, digelar acara pembukaan d2-i ( di;tu;ai ) yaitu concept store yang menyajikan beragam produk ready to wear craft fashion hasil karya para anggota IFC yang bertempat di Neo Soho Mall sebagai bentuk dukungan kepada desainer lokal, berlokasi di Jakarta Barat. Concept store ini merupakan pilot project yang menjadi bagian dari program pengembangan bisnis IFC yang diharapkan dapat diduplikasi di daerah lainnya. Dalam acara ini digelar pula trunk show yang akan menampilkan koleksi ready to wear rancangan para desainer IFCdengan tata rias make up dan rambut yang didukung oleh Sari Ayu Martha Tilaar yang menggunakan Trend Color 2017 dengan inspirasi “Gili Lombok, The Colors of Asia”.

Bravo Indonesian Fashion Chamber, berjayalah fashion Indonesia!

Berikan Komentarmu

loading...

About Drajat Nugroho

Drajat Nugroho
Dancing On My Own

Atau Ke

’35th Anniversary Model Thank you from NIGO & K. IBE’, atau ‘Model 35 Tahun Terima Kasih dari NIGO & K.IBE’

Rebut Salah Satu dari G-SHOCK 35th Anniversary yang Sangat Terbatas, Hanya 35 Buah di Seluruh Dunia

Tokyo, 10 Januari 2018 – G-SHOCK limited edition selalu menjadi incaran para penggemarnya. Edisi terbatas …

loading...