Tuesday , December 11 2018
Home / Health / Trik Mengajak Si Kecil Menyukai Buah

Trik Mengajak Si Kecil Menyukai Buah

Lolading.com – Rasa sayur dan buah yang cenderung pahit dan asam karena kandungan vitamin C-nya menjadi salah satu penyebab Si Kecil enggan mengkonsumsi makanan ini, karena Si Kecil terbiasa dengan rasa manis dan asin yang didapat dari ASI ataupun MPASI.

Menurut data riset Kesehatan Dasar tahun 2013, 93.5% penduduk Indonesia berusia di bawah 10 tahun, tidak mengkonsumsi sayur dan buah sesuai anjuran, padahal konsumsi sayur dan buah sangat penting untuk gizi seimbang Si Kecil.

Anjuran WHO untuk konsumsi sayur dan buah (dua-pertiganya dalam bentuk sayur):
● Balita hingga anak usia sekolah: 300 – 400 gram per hari
● Remaja hingga dewasa: 400 – 600 gram per hari.

Dr. dr. Conny Tanjung, SP.A(K)

Dr. dr. Conny Tanjung, SP.A(K) menyampaikan, “mengenalkan buah dan sayur untuk Si Kecil perlu dilakukan, karena keduanya mengandung karbohidrat, vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Berbagai penelitian meta-analisis telah menunjukkan manfaat positif sayur dan buah untuk mencegah dan menurunkan insiden obesitas dan penyakit degeneratif kronis seperti penyakit jantung koroner, diabetes melitus, kanker, dan lain-lain. Meskipun sayur dan buah memiliki peran yang cukup penting, tetapi untuk anak, khususnya di saat mulainya pemberian MPASI, perlu diketahui beberapa batasan pemberian sayur dan buah, karena di saat ini dibutuhkan makanan padat energi untuk menunjang pertumbuhan yang pesat.”

Nah, supaya Si Kecil suka sayur dan buah, Dr. dr. Conny memberikan tipsnya, “Berbagai penelitian membuktikan bahwa paparan terhadap sayur dan buah secara berulang membuat penerimaan terhadap sayur dan buah menjadi lebih mudah di masa selanjutnya.”

Milna sebagai salah satu brand unggulan Kalbe Nutritionals, tahun ini meluncurkan Milna Nature Delight, sebagai solusi untuk cara mudah makan buah untuk Si Kecil. Terbuat dari 100% buah asli dengan 3 varian rasa; Carrot Apple Pumpkin, Banana Strawberry Apple, dan Apple Peach, Milna Nature Delight adalah fruit puree dalam kemasan pouch yang ideal dalam memperkenalkan dan membiasakan Si Kecil dengan rasa buah.

Brand Manager Milna Christofer Samuel Lesmana

Brand Manager Milna Christofer Samuel Lesmana menyampaikan, “Milna Nature Delight terbuat dari 100% buah asli dengan 3 varian rasa yang akan digemari dengan ukuran dan bentuk kemasan yang nyaman digenggam Si Kecil, serta sangat praktis dibawa.”

Milna Nature Delight juga dibuat tanpa bahan pengawet, tanpa penambahan gula, dan melalui proses Advanced Pasteurization Technology.

Menurut Milna, idealnya pemberian MPASI diawali dengan meal yang boleh diikuti dengan pemberian snack 1-2 kali sehari jadwal pola makan untuk anak usia 6 sampai 8 bulan terdiri dari 2x meal dan 2x snack dan seiring dengan bertambahnya usia Si Kecil, frekuensi dan porsi pemberian meal dan snack juga akan bertambah sehingga untuk anak usai 10-12 bulan, sudah boleh diberikan 3x meal dan 2x snack.

Meal sebaiknya terdiri dari lauk pauk hewani atau nabati dan makanan pokok lainnya yang menghasilkan energi dan mampu menjaga kekebalan tubuh, sementara snack sebagai makanan pendamping, sebaiknya kaya akan vitamin dan mineral.

“Dengan memahami pengaturan jadwal makan Si Kecil serta memperkenalkannya dengan berbagai rasa baru sejak dini, diharapkan Si Kecil bisa cepat akrab dengan buah dan sayur sehingga zat gizinya seimbang dan terpenuhi dengan baik. Di sini, Milna Nature Delight hadir sebagai solusi untuk Bunda dalam mempersiapkan snack dengan mudah dan praktis, serta solusi bagi Si Kecil untuk bisa menikmati snack sehat,” jelas Helly Oktaviana, Business Unit Head Nutrition for Infant and Baby, Kalbe Nutritionals.

Senangnya ya, kalo melihat Si Kecil doyan sayur dan buah.

(Teks: @bartno | foto: ist)

Berikan Komentarmu

loading...

Atau Ke

Gerai Sehat Rorotan Berikan Penghargaan Kepada Pejuang Kesehatan

Tercatat 128 peserta yang mendaftar, mereka berasal dari seluruh wilayah di Indonesia, yang paling jauh dari Maluku Utara...

loading...