Saturday , August 18 2018
Home / Kombi / Bisnis / Cara Ekspres Cairkan Dana Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan

Cara Ekspres Cairkan Dana Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan

Suasana kantor cabang BPJS

Lolading.com – Bukan harapan Jeng Lola dan banyak orang lainnya diputus atau mengajukan pengunduran diri dari pekerjaan. Entah dengan alasan apa pun, berhenti kerja bukan kabar yang enak untuk didengar.

Tetapi, selagi ada kemauan dan kerja keras, pengganti pendapatan bulanan dari gaji kantoran dapat disubstitusi dari pekerjaan lainnya.

Salah satu modal awal untuk memulai pekerjaan baru bagi para tenaga kerja yang putus kerja didapat dari dana JHT alias dana Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan yang setiap bulannya dipotong dari gaji bulanan di kantor lama.

Kalau menggunakan cara lama, yakni datang langsung ke kantor cabang BPJS terdekat, maka kamu harus mengantri sejak pagi. Bahkan kata teman Jeng Lola, dirinya harus mengantri sehabis subuh, karena ada batasan kuota di setiap cabang BPJS.

Nah, kalau untuk cara cepatnya, begini nih caranya. Yuk ikuti tahapan berikut ini:

  1. Bikin akun BPJS di laman resmi BPJS Ketenagakerjaan. Klik ini aja BPJS Akun 
  2. Lengkapi data yang diminta lalu tunggu email untuk aktivasi akun kamu.
  3. Login ke akun kamu dan pilih klaim saldo JHT
  4. Kemudian akan masuk ke halaman Formulir Pengajuan Klaim untuk pilih KPJ dan Pilihan Aksi, yaitu Pengajuan Klaim (untuk E-klaim JHT). Lalu lanjut dengan pilih Jenis Klaimnya, dan kemudian klik submit form.
  5. Isi data yang diperlukan dan lengkapi soft copy, dokumen-dokumen berikut ini: > Bukti penetapan pemutusan kerja/pendaftaran perjanjian bersama pengadilan hubungan industrial. > Fotokopi buku rekening. > Fotokopi identitas diri peserta (KTP/Paspor) dengan menunjukkan yang asli. > Fotokopi kartu keluarga dengan menunjukkan yang asli. > Kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan Asli. Semua dokumen dalam bentuk jpg, jpeg, png, bmp, atau pdf, dengan kapasitas data per dokumen minimal 100kb dan maksimal 1.8MB.
    Balasan email dari BPJS untuk datang ke kantor cabang yang dipilih.
  6. Setelah semua data di-upload, akan muncul notifikasi bahwa pengajuan E-klaim telah berhasil direkam. Cek email kamu untuk bukti berhasilnya pengajuan E-klaim, dan tunggu 2×24 jam, untuk mengetahui apakah pengajuan disetujui dan tanggal berapa kamu harus ke cabang BPJS yang dipilih. Terlampir juga form F5 untuk di-download dan dilengkapi. Jika tidak bisa di-download, dokumen bisa diisi secara manual di kantor cabang BPJS terpilih.
  7. Siapkan dokumen asli dan fotokopi dari setiap soft copy yang kamu telah upload, dan satu buah materai, lalu datangi cabang BPJS sesuai tanggal yang ditentukan.
  8. Sesampai di cabang BPJS pilihan, tunjukkan bukti email dari BPJS ke pegawai yang bertugas untuk mendapatkan nomor antrian dan formulir F5 bila tidak bisa di-download dari email.
  9. Setelah mendapat panggilan menuju petugas pelayanan, tunjukkan semua dokumen asli dan fotokopinya, dan isi data pada formulir yang diberikan.
  10. Dokumen lengkap dan tepat. Maka kamu tinggal menunggu selama maksimal 14 hari kerja. Jeng Lola sendiri sih, dananya cair dalam waktu 4 hari kerja.

Silakan dicoba, dan terima kasih BPJS Ketenagakerjaan.

(Teks & foto: @bartno)

Berikan Komentarmu

loading...

Atau Ke

Perkenalkan, Komunitas Pahlawan UKM, untuk UKM yang Lebih Maju

Tiga perusahaan Software as a Service (Saas) Indonesia, yaitu Moka, Sleekr, dan KoinWorks, meluncurkan komunitas bertajuk Pahlawan UKM (PUKM)...

loading...