Sunday , February 17 2019
Home / Health / Gigi Sakit, Begini Solusi Murah dan Mahalnya

Gigi Sakit, Begini Solusi Murah dan Mahalnya

Lolading.com – Sakit gigi memang menyebalkan! Rasa nyut, nyut di gigi yang menjalar hingga sakit di kepala, bikin mood jadi sensitif, makan jadi males, padahal perut udah minta diisi. Huf!

Jeng Lola pun berangkat ke Dokter Gigi dengan harapan rasa sakit di gigi geraham ini tidak muncul lagi. Setelah diperiksa, Dokter Gigi mengatakan bakteri telah masuk ke akar gigi sehingga menyebabkan rasa sakit. Bila tidak segera diatasi, suatu saat rasa sakit akan muncul lagi dengan tensi lebih tinggi dan dapat berakibat fatal bagi kesehatan mulut. Ngeri dengarnya!

Dokter Gigi memberikan dua pilihan solusi masalah gigi ini, ada yang mahal dan murah.

Solusi Murah – Gigi harus dicabut untuk mencegah rasa sakit yang semakin meninggi muncul lagi. Perlu sekitar 2 sampai 3 kali kunjungan untuk memastikan gigi sudah aman untuk dicabut. Dengan total biaya sekitar 800 ribu – 1,5 juta rupiah (tergantung kondisi gigi).

Solusi Mahal – Pasien mengikuti PSA (Perawatan Saluran Akar Gigi) atau RCT (Root Canal Treatment). Perawatan RCT bisa mencapai 3 sampai 5 kali kunjungan (tergantung kondisi gigi). Total biaya sekitar 3 – 5 juta rupiah.

Bagaimana proses RCT:

  1. Pada penanganan pertama, Dokter Gigi akan melakukan pemboran pada gigi yang bermasalah untuk mengeluarkan gas yang penuh di saluran akar. Lalu, gigi akan ditambal sementara. Lalu kemudia pasien diminta untuk rontgen, dan membawa hasilnya pada kunjungan yang kedua.
  2. Penanganan kedua, Dokter Gigi mengecek hasil rontgen dan bila pasien sudah tidak merasakan sakit di gigi yang bermasalah, Dokter Gigi akan mulai melakukan pembersihan pada saluran akar. Proses pembersihan ini bisa memakan waktu 30 menit sampai 1 jam. Setelah dibersihkan, gigi akan ditambal sementara.
  3. Penangan ketiga, bisa jadi menjadi tahap akhir perawatan RCT. Dokter Gigi akan menanyakan lagi, apakah giginya masih sakit. Jika tidak, proses pengisian saluran akar gigi akan dilakukan. Setelah selesai gigi akan ditambal permanen, dan kamu diharuskan rontgen lagi untuk mengetahui bahwa saluran akar sudah terisi dengan baik.

Namun, bila kondisi gigi dilihat tidak terlalu kokoh, Dokter Gigi akan menyarankan untuk dipasangkan Crown, dengan biaya berkisar antara 3,5 – 5 juta rupiah, tergantung jenis Crown apa yang diinginkan. Proses Crown mencapai 2 kali kunjungan.

Jadi, daripada sampai sakit gigi, jangan lupa untuk menggosok gigi setelah sarapan dan sebelum tidur. Plus, periksakan gigi kamu setidaknya 6 bulan sekali.

(Teks: @bartno | foto: infodentis.com)

Berikan Komentarmu

loading...

Atau Ke

Rayakan Tahun Baru dengan Menu Sehat nan Lezat

Libur telah tiba, libur telah tiba, hore, hore, hore! Yap, loladingers sudah ada rencana kemana …

loading...