Thursday , April 26 2018
Home / Health / Cegah Stres dengan Makan Ini!

Cegah Stres dengan Makan Ini!

stres
foto: gettyimages.com

Lolading.com – Saat stres kebanyakan orang melampiaskannya dengan makan makanan manis, iya gak loladingers? Jeng Lola sih gitu, makan cokelat, permen, cake, pokoknya yang manis-manis deh. Padahal nih ketika kita sedang stres, kita justru memerlukan makanan sehat. Banyak memakan makanan manis justru gak bagus, itu bisa ningkatin kadar gula darah kita.

Menurut penulis buku ‘The Happiness Diet’ Dr. Drew Ramsay, makanan dapat mempengaruhi kekuatan otak agar bisa tetap sehat. Ia juga menambahkan kalo makanan yang baik juga akan baik untuk otak. Loladingers bisa memakan 6 makanan sehat ini yang berpengaruh baik untuk cegah stres.

1. Kopi

kopi
Sebuah studi yang dilakukan di Harvard School of Public Health menemukan wanita yang minum dua cangkir kopi, 15% lebih rendah terserang stres dibanding yang tidak meminumnya. “Kopi mengandung nutrisi nabati yang berfungsi seperti obat yang digunakan untuk mengobati depresi,” ungkap dr Ramsey. Ia juga mengingatkan akan efek kafein yang gak sama pada setiap orang.

 

2. Asam Lemak Omega 3

ikan
Asam lemak omega 3 bisa kita dapatkan dengan memakan makanan laut, ini dapat merendahkan kemungkinan depresi dan gangguan emosional lainnya. Kalo loladingers gak suka ikan, loladingers bisa menggantinya dengan daging sapi, ayam, alpukat, juga kacang-kacangan.

 

3. Karbohidrat

karbo
Aktivitas padat sepanjang hari dapat membuat tubuh rentan terserang stres. Peneliti menemukan, jam 4 sore adalah puncak kemerosotan mood seseorang. Untuk itu sebaiknya loladingers memakan camilan dengan kandungan karbohidrat sekitar 25-30 gram di sela aktivitas.

 

4. Tryptophan

kacang
Hayoloh ribet namanya, hehe, nih yah tryptophan itu adalah senyawa yang bisa kita dapetin dengan mengonsumsi daging unggas, telur dan kacang-kacangan. Tryptophan dalam makanan ternyata bisa membantu kita merilekskan tubuh sehabis makan. Makanya kita sering ngantuk kalo abis makan kan? Itu tandanya tubuh kamu lagi dalam kondisi bahagia. Tapi makanlah makanan dalam porsi yang normal saja, untuk menghindarimu dari risiko diabetes, obesitas, atau penyakit lain akibat makan berlebihan.

 

5. Bayam

bayam
Iya, makanan kesukaan Popeye ini bisa memberikan vitamin B folat pada otak kamu. “Konsentrasi folat yang tinggi dalam darah akan terkait dengan penurunan suasana negatif dalam tubuh,” jelas dr Ramsey lagi.

 

6. Makanan yang Menggunakan Kunyit

kunyit
Peneliti mencoba kandungan curcumin pada kunyit untuk melihat dampaknya pada penanggulangan stres yang dialami tikus. Ternyata hasilnya curcumin mengandung antidepresan alami yang terbukti melindungi neuron otak dari stres kronis pada tikus, hal tersebut juga berlaku buat otak kita. Nah, untuk meningkatkan kekuatan curcumin, loladingers bisa tambahkan lada hitam pada masakan harian. Lada hitam dapat membuat efek antidepresan yang lebih lama.

Jadi, jangan biarin stres bikin kamu jadi orang yang emosional dan penyendiri, coba aja tuh menu di atas. Keep calm & stay cool ya loladingers!

 

 

Sumber: tempo.co
Foto : gettyimages.com

 

Berikan Komentarmu

loading...

Atau Ke

Tampil stylish dengan Jam Tangan Analog Pintar “Garmin vívomove HR”

Jam tangan analog tapi smartwatch? Cuma Garmin yang punya! Tampilannya yang begitu stylish makin sempurna dengan fitur canggih seperti notifikasi pintar, pencatat aktivitas serta pengukur denyut jantung melalui pergelangan tangan dengan teknologi ElevateTM1.

loading...